PENATAAN KAWASAN GEJAYAN MENJADI CENTRAL ECO BUSSINES DISTRICT

Kawasan Gejayan merupakan salah satu nama jalan di Desa Catur Tunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Jalan ini merupakan kawasan bisnis dan jasa yang telah berdiri beberapa bangunan baru seperti pertokoan, hotel, pasar Demangan, Bank BCA dan beberapa fasilitas ATM Bank yang lain. Jalan ini sebagai jalan penghubung antara jalan Solo dan Ringroad Utara sekaligus menjadi jalan yang akan sering dilewati oleh mahasiswa dari UGM, UNY, Universitas Sanata Dharma dan Universitas lainnya. Dilihat dari bentuk jalannya, Jalan Gejayan hanya memiliki dua jalur. Jalan Gejayan sedikit banyak telah memberikan ruang terbuka hijau untuk Yogyakarta. Ruang terbuka hijau di Jalan Gejayan nampak pada pembatas di tengah jalan yang membentang dari utara ke selatan. Selain itu, di ujung utara terdapat taman hijau. Jalur hijau tersebut keberadaannya cukup baik dengan tanaman dan pohon.

Dari perkembangan Jalan Gejayan tersebut, tak luput dari beberapa masalah yang muncul. Dengan banyaknya bangunan yang berdiri dan mobilitas kendaraan yang berlalu lalang di jalan tersebut menjadi padat. Hal inilah yang mnjadikan jalan gejayan sering sekali terjadi kemacetan, khususnya pada jam berangkat dan pulang kantor. Selain padatnya volume kendaraan, faktor yang menjadi pokok permasalahan di kawasan jalan gejayan adalah sistem parkir kendaraan yang belum memadai, yang dimana badan jalan digunakan sebagai area parkir kendaraan. Banyak bangunan di jalan gejayan yang tidak memperhatikan lahan parkir sehingga banyak yang parkir di pinggir jalan. Perlu diketahui
bahwa jalan gejayan hanya memiliki 2 lajur yang masing-masing lebarnya kira-kira 2 mobil lebih sedikit. Selain itu, yang perlu diperhatikan lagi adalah masalah sampah visual, di Jalan Gejayan memang banyak sekali terpasang baliho, iklan, spanduk dan lainnya. Iklan-iklan visual tersebut ada yang memang sudah mendapatkan ijin, ada pula yang terpasang tanpa ijin. Berdasarkan masalah yang terjadi, diperlukan adanya penataan yang baik agar meminimalisir berbagai permasalahan yang terjadi dan juga menambah keindahan di kawasan jalan gejayan.

Lap. Pendahuluan  Lap. Antara  Lap. Akhir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *